Sekilas Pandang Pemilu Serentak 2019




Yang namanya demokrasi itu berarti erat kaitannya dengan pemilihan pemimpin oleh rakyat. Sebab demokrasi, menawarkan kepada masayarakat untuk menyuarakan suara dalam rangka memilih wakilnya nanti. Begitu pula yang baru saja berlangsung di negeri tercinta, Indonesia. Dimana tanggal 17 April 2019 kemarin dilaksanakan pemilu serentak untuk memilih wakil rakyat. Antara lain presiden dan wakil presiden, DPRD tingkat kabupaten, DPRD tingkat provinsi, DPR pusat, dan DPD.

Lalu bagaiman proses berjalannya pemilu ini? Boleh dibilang pemilu kali ini berjalan cukup tertib dan bahkan memiliki partisipan tinggi, yakni hingga mencapai angka 192 juta. Apakah dengan ini membuat rilisnya film “Sexy Killer” gagal menggiring masyarakat untuk golput? Siapa tahu lah ya, pembahasan film ini ada baiknya dilakukan dilain waktu saja. Itupun kalau sempat (hehe).

Penulis datang di TPS pada sekitar pukul 09.30 dan kondisi masih ramai. Selagi menyapa satu dua tetangga, ada banyak hal yang bisa diamati dari tempat terjadinya perkara. Seperti bagaimana proses pencoblosan berlangsung dan apa saja yang terdapat di sekitar TPS.

Proses pencoblosannya kurang lebih yaitu diawali dengan pemanggilan nama pemilih yang telah terdaftar dan memberi keterangan hadir dengan penyerahan kartu pemilu. Pemilih yang hadir kemudian diberikan lima surat suara yang dicoblos pada lima kotak terpisah pula. Barulah kemudian, hasil coblosan dimasukkan di kotak suara. Lalu dilanjutkan dengan proses “sakral” berupa pencelupan jari kedalam tinta ungu sebagai bukti telah memilih (ya silahkan upload di sosmed masing-masing setelah ini).

Berhubung penulis belum mendapat hak memilih, maka aktivitas disana hanya berkisar meliput kejadian dan mengamati. Maka dari itu, pengamatan tak dilakukan hingga batas terakhir pencoblosan akibat kesadaran diri bila kurang baik bila menghabiskan waktu hanya sebatas mencari informasi yang sudah didapat dari tadi, terutama foto-foto.

Seperti biasa diakhir tulisan, kami akan sertakan beberapa foto berkaitan dengan pemilu serentak 2019. 

Pintu masuk TPS 12 Perumahan Sekip Baru, Maron, Temanggung.

Ibu-ibu yang tengah membicarakan wakil rakyat yang hendak dipilih.

Para pemilih yang menunggu giliran.

Salah seorang remaja tengah melihat daftar nama calon legislatif.

Seorang remaja yang baru saja selesai mencoblos tengah memasukkan jarinya ke tinta ungu.

Tampak Ibu ini tengah memasukkan surat suara  ke kotak suara dengan dibantu petugas pantia.

Suasana pencoblosan didalam TPS.

Panitia memanggil nama pemilih selanjutnya.



Komentar